Karangasem Rekor Terbanyak, Sabet Tiga Trofi Widya Kusuma

August 18, 2018, 2:06 am

Bali News - Karangasem Rekor Terbanyak, Sabet Tiga Trofi Widya Kusuma

Terkait

August 18, 2018, 2:37 am
August 18, 2018, 2:04 am
August 18, 2018, 2:01 am

Karangasem sukses menyabet 4 Trofi Widya Kusuma (Tokoh Pendidikan) Provinsi Bali Tahun 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Karangasem mengukir rekor terbanyak di mana mereka sabet 40 persen dari total 10 Trofi Widya Kusuma yang diperebutkan. Karangasem mengungguli Badung yang meraih 2 trofi, disusul Kota Denpasar, Buleleng, Bangli, dan Klungkung yang masing-masing sabet 1 trofi.

Empat guru senior dari Karangasem yang sabet Trofi Widya Kusuma tahun 2018, masing-masing Ni Nyoman Diari (Guru TK Negeri Pembina Kecamatan Rendang), Ngakan Putu Suarjana (Pengawas SD Disdikpora Kecamatan Rendang), I Dewa Gede Adnyana (Pengawas SMP Disdikpora Kecamatan Karangasem), dan I Wayan Artana (Kasek SMKN Amlapura).

Sedangkan 6 Trofi Widya Kusuma lainnya disabet tokoh penmdidikan dari luar Ka-rangasem. Mereka masing-masing I Made Priyana Ginada (guru SMP di Badung), I Made Kupasada (guru SMA di Badung), Ekawati (guru TK di Kota Denpasar), Wayan Murnayasa (guru SD di Bangli), Dewa Made Tirta (Pengawas SMA di Klungkung), dan Kadek Agus Jaya Pharhyuna (Pengawas SMK di Buleleng).

Mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Tropi Widya Kusuma, setelah melalui tahapan seleksi, yang dimulai sejak 18 April 2018 hingga 18 Juli 2018. Mereka ditetapkan sebagai pemenang berdasarkan Surat Keputusan Nmoro 421.2/3222/Kesra yang ditandatangani Sekda Provinsi Bali Drs Dewa Made Indra tanggal 1 Agustus 2018. Sedngkan Trofi Widya Kusuma baru akan diserahkan saat HUT ke-60 Pemprov Bali, 14 Agustus 2018 nanti.

Seusai surat undangan dari Sekda Provinsi Bali, para peraih Trofi Widya Kusuma 2018 diundang hadir saat Apel HUT ke-60 Pemprov Bali, Selasa (14/8) depan, di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar. Sebelum menerima trofi, 4 guru senior peraih Trofi Widya Kusuma asal Karangasem sempat diundang Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri ke di ruang kerjanya di Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (8/8).

Terungkap, ini kali pertama Karangasem berhasil sabet 4 Trofi Widya Kusuma sekaligus. Ini melebihi prestasi Karangasem tahun 2013 ketika meraih 3 Trofi Widya Kusuma. Pada 2013 silam, tokoh pendidikan dari Karangasem yang berhasil raih Trofi Widya Kusuma masing-masing I Putu Sudibawa (guru SMANi Sidemen), Ni Nengah Sari (Tenaga Pengawas SD Disdikpora Kecamatan Kubu), dan I Gusti Ngurah Kartika (Pengawas SMP/SMA Disdikpora Karangasem).

“Sebenarnya, Karangasem tiap tahun rutin sabet Trofi Widya Kusuma. Tapi, prestasi kali ini terasa istimewa. Sebab, mencatat rekor terbanyak menyabet trofi,” jelas Bupati Mas Sumatri, Rabu kemarin.

Bupati Mas Sumatri berharap prestasi ini bisa dipertahankan dan berkesinambungan di tahun-tahun mendatang. Bukan hanya guru yang berprestasi, tapi sedapat mungkin hal ini diharapkan bisa berimbas ke siswa. “Kami bangga kepada para pahlawan yang sangat berjasa terhadap anak-anak bangsa. Cita-cita bangsa ini, untuk mencerdaskan kehidupan, ada di pundak kalangan pendidik,” kata Mas Sumatri.

Sementara itu, Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengapresiasi prestasi 4 Trofi Widya Kusuma yang direbut para tokoh pendidikan Gumi Lahar. Apalagi, penghargaan itu diraih melalui seleksi ketat, terakhir melalui penilaian visitasi. “Tidak mudah jadi tokoh pendidikan Bali, apalagi ada visitasi, salah satunya ditanyakan menyangkut pengabdian sosial. Tim pnilai meng-cross check pengabdian sosial masing-masing dengan menghadirkan tokoh masyarakat,” jelas IGN Kartika.

Sedangkan Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana, merasa terharu, bangga, dan menyenangkan bisa meraih Trofi Widya Kusuma 2018. “Di satu sisi, saya merasa bangga. Tapi, di sisi lain saya menanggung beban agar prestasi itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan, termasuk memberikan imbas kepada para guru dan siswa,” tutur Wayan Artana kepada NusaBali. *k16

Terkait

denpasar
August 18, 2018, 2:01 am

5 Guru dari Bali Jawara Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing