Masa Lebaran, BPJS Kesehatan Denpasar Siapkan 192 Tenaga

May 27, 2019, 2:55 pm


Bali News - Jumpa media di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, terkait pelayanan kesehatan selama Lebaran 2019

Denpasar, BaliNewsOnline.com – Masyarakat peserta BPJS Kesehatan dan pemegang kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kini tidak perlu khawatir tentang masalah kesehatan yang mungkin akan dihadapi saat mudik terkait hari raya Lebaran 2019.

Hal ini sesuai dengan tujuan JKN-KIS adalah untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada pengguna JKN-KIS. Pemberlakuan layanan kesehatan peserta, berlaku selama libur lebaran 2019 yaitu H-7 sampai dengan H+7 (29 Mei – 13 Juni 2019)

“Apabila tidak terdapat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dapat memberikan pelayanan, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar,” ujar Kepala BPJS cabang Denpasar Parasamya Dwi Cipta pada acara jumpa media di Kantor BPJS Cabang Denpasar, Senin (27/5/2019).

Untuk lebih mematangkan dari segi persiapan mudik lebaran 2019, BPJS yang bekerja sama dengan Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan menyediakan beberapa posko di berbagai titik mudik di Bali. Salah satunya terdapat di Terminal Ubung, Denpasar.

Kepala Dinas Kesehatan kota Denpasar Dr Luh Putu Sri Armini M Kes menambahkan, untuk keperluan pelayanan kesehatan semasa Lebaran 2019, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan.

“Misalnya di Terminal Ubung, kami menyediakan 192 tenaga yang terbagi atas 3 shift setiap harinya, di mana setiap shift terdiri atas 4 orang. Dan akan dilaksanakan mulai 29 Mei sampai 13 Juni 2019,” kata dr Luh Putu.

Di setiap posnya dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi para awak penumpang, mulai dari kondisi fisik maupun pengecekan kesehatan lainnya.

“Jadi tidak ada yang berubah dari tahun sebelumnya, kami selalu siap melayani kesehatan masyarakat umum”, ujarnya. (BNO-BED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing