Paguyuban GWSS Adakan Bankom di Pura Andakasa

January 15, 2019, 7:32 am


Bali News - Paguyuban GWSS Adakan Bankom di Pura Andakasa

Amlapura, BaliNewsOnline.com – Peguyuban Giri Weksa Suara Santhi (GWSS) ikut berpartisipasi mengadakan bantuan komunikasi (bankom) untuk memperlancar arus lalu lintas pemedek untuk bersembahyang di Pura Luhur Sad Kahyangan Andakasa, pada Selasa (15/1/2019).

Bertepatan pada pujawali hari Anggara Kasih Medangsia, ratusan anggota GWSS melakukan bankom pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup melalui komunikasi radio handy talkie (ht) dengan mempergunakan frekuensi RAPI Lokal Kecamatan Manggis.

Menurut Ketua Peguyuban GWWS yang juga Ketua RAPI Lokal Kecamatan Manggis I Wayan Tangkas Suardita, kegiatan ini rutin diadakan setiap piodalan dan upacara-upacara besar di Pura Andakasa.

 

“Kami telah melakukan bankom sejak tahun 2014. Kegiatan ini dilaksanakan secara sukarela oleh anggota yg berjumlah ratusan orang. Dalam bertugas kali ini, dibagi dalam dua regu setiap hari sampai Nyineb Ida Betara hari Jumat tanggal 18 Januari 2019,” ujar pria yang akrab dipanggil Wayan Tangkas, seraya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua anggota yang dengan sukarela ngayah demi kelancaran arus pemedek di Pura Andakasa.

 

Sementara itu, tokoh masyarakat Antiga I Nyoman Sumadi mengatakan, kegiatan ini sangat membantu kelancaran lalu lintas pemedek, mengingat jalur yang dilalui menuju Pura Andakasa lumayan menanjak dan berjalur sempit.

“Kegiatan bankom ini akan menambah  rasa nyaman pemedek dalam melakukan persembahyangan. Apa lagi saya liat para relawan ini tidak segan untuk membantu mendorong mobil yang tidak bisa menanjak. Semoga kegiatan ngayah sangkaning lascarya bisa terus dilaksanakan,” ujar Nyoman Semadi yang didampingi tokoh I Wayan Kamasan dan I Made Kawie.

 

Hal senada dikatakan Babinkamtibmas Desa Gegelang I Made Putra, di mana sebagai Babinkamtibmas di wilayah itu, pihaknya merasa sangat terbantu tugasnya dalam membantu kegiatan masyarakat.

“Kegiatan bankom ini berperan besar, sehingga arus lalu lintas tidak mengalami hambatan lagi,” katanya. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing