Sri Wigunawati: Arak Bali Merupakan Kearifan Lokal

January 22, 2019, 1:06 am


Bali News - Sri Wigunawati: Arak Bali Merupakan Kearifan Lokal

Amlapura, BaliNewsOnline.com – Produk arak Bali selama ini sudah banyak beredar di kalangan masyarakat, namun masih menemukan sejumlah kendala agar pemasarannya bisa menembus kalangan perhotelan atau restoran.

Padahal arak Bali jika dioleh dengan baik, maka memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini untuk menepiskan stigma bahwa arak hanya digunakan sebagai minuman untuk tujuan memabukkan.

Demikian disampaikan calon anggota DPD RI nomor urut 25 Dapil Bali, Dewa Ayu Putu (DAP) Sri Wigunawati, ketika mengadakan simakrama di Desa Labasari, Selat, Karangasem, pada Minggu (20/1/2019).

“Arak Bali itu merupakan salah satu kearifan lokal kita. Mestinya ini dipertahankan dan dimaksimalkan kualitasnya. Misalnya, taste-nya ditingkatkan, kadar alkohol dikurangi, sehingga tentunya bisa setara dengan kualitas minuman lain, yang biasa disediakan kalangan hotel dan restoran ternama di Bali. Jadi kenapa harus mengimpor minuman dari luar, kalau sudah ada arak yang merupakan industri rakyat?” ujar Sri Wigunawati mempertanyakan.

Menanggapi hal ini, maka warga Labasari yang sebagian bekerja sebagai pembuat arak tradisional berharap supaya ada peraturan daerah atau peraturan gubernur, sehingga industri arak ini dilegalkan.

Terhadap harapan masyarakat Labasari, lanjut Sri Wigunawati, maka ia mendukungnya. Apalagi, sebelumnya Gubernur Bali Wayan Koster sudah menegaskan akan mengembangkan industri arak di Karangasem.

“Saya juga berharap agar tidak ada lagi stigma negatif terhadap arak. Semoga ke depan arak Bali dapat bersaing dengan produk cocktail internasional dan bisa memasuki pemasaran internasional,” kata Sri Wigunawati. (BNO-KSP)

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing