Gelorakan KOPITU, Gusti Ngurah Rai Wacanakan Gandeng Ratusan Bank Sampah di Bali

February 23, 2019, 1:58 pm


Bali News - Ketua DPW KOPITU Bali Dr I Gusti Ngurah Rai Sutanegara MH bersalaman dengan Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Rosa Vivien Ratnawati

Denpasar, BaliNewsOnline.com – Menyeruaknya persoalan sampah di Bumi Dewata, memerlukan penanganan yang tepat dan memiliki nilai guna bagi masyarakat. Sudah waktunya masyarakat diedukasi, bahwa sampah dapat dikemas supaya bernilai ekonomis dan tidak lagi menjadi hal yang mengotori lingkungan.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Komite Pengusaha MKM Indonesia Bersatu (KOPITU) Bali Dr I Gusti Ngurah Rai Sutanegara MH ketika memberi pernyataan pada awak media, pada acara seminar nasional bertemakan “Kiat dan Strategi Mengatasi Armageddon Sampah Indonesia’ dan workshop yang mengusung tema menarik: ‘Kiat Sukses Mendapatkan Kredit Modal Kerja dan Investasi Sebesar Rp 50 Juta – Rp 50 Miliar dari LPDB KUMKM’.

Seminar ini diadakan oleh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Komite Pengusaha MKM Indonesia Bersatu (KOPITU) Bali dan dilangsungkan di Hotel Wedhapura, Sanur, Denpasar, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Gusti Ngurah Rai, sebagai tahap awal maka perlu langkah pengkajian mengenai jenis sampah rumah tangga, sebagai skup terkecil. Setelah itu, dapat diperluas dengan mengklasifikasi sampah hotel dan restoran, karena antara sampah rumah tangga dengan hotel/restoran maka penanganannya berbeda.

Ia melanjutkan, ke depan KOPITU Bali akan bergerak langsung ke berbagai wilayah dengan bergandengan tangan bersama 140 bank sampah yang berada di Bali. Selama ini, bank sampah ini tidak berjalan maksimal, yang disebabkan karena tidak ada saluran ‘lay out’.

Keberadaan KOPITU Bali, telah dirancang secara matang agar kendala itu tidak terjadi lagi, yakni dengan menyiapkan kerja sama dengan sejumlah investor asing. Tujuannya untuk menjalin kerja sama (MoU), sehingga dapat menampung produk hasil olahan sampah dari masyarakat Bali.

“Sudah ada sejumlah investor yang tertarik, kita ini sebenarnya tinggal teken MoU saja. Selain itu, kami perlu siapkan masyarakat agar teredukasi dengan baik, dilanjutkan kerja sama dengan bank sampah serta kita membentuk koperasi agar warga menabung hasil pilahan sampah. Saya optimistis, dengan cara ini maka KOPITU Bali akan bergelora dan dapat bergerak secara kontinyuitas dengan mengusung misi kebaikan bagi masyarakat,” ujar Ketua DPW KOPITU Bali ini.

Acara ini dihadiri oleh Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Rosa Vivien Ratnawati, Ketua Umum Komite Pengusaha MKM Indonesia Bersatu (KOPITU) Yoyok Pitoyo, perwakilan dari Wali Kota Denpasar dan Bupati se-Bali, serta sejumlah tokoh terkait lainnya. (BNO-KSP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing