Kodim Buleleng Bersama Saka Wira Kartika Gelar Persami

December 15, 2018, 3:08 pm


Bali News - Kodim Buleleng Bersama Saka Wira Kartika Gelar Persami

Singaraja, BaliNewsOnline – Guna membentuk generasi muda berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria, Kodim 1609/Buleleng menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) bersama Saka Wira Kartika Kodim 1609/Buleleng bertempat di Lapangan Yonif Raider 900/SBW, Jalan Jenderal Sudirman No 14 Kelurahan Banyuasri, Buleleng, Sabtu (15/12/2018).

Dalam sambutannya, Kepala Staf Kodim 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, selaku Wakil Pimpinan Saka Wira Kartika Kodim 1609/Buleleng menyampaikan, pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika sebagai wadah pilihan utama dan solusi bagi generasi muda yang berpotensi di bidang kepramukaan dengan menitikberatkan dalam hal kepemimpinan, pengetahuan kewilayahan dan pengamanan lingkungan.

Gerakan Pramuka, mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi kader penerus cita-cita dan perjuangan bangsa yang berjiwa Pancasila.

“Ini salah satu alasan yang melatarbelakangi dilaksanakannya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami),” tegasnya.

Gerakan Pramuka tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan selama ini, untuk itu melalui kegiatan Persami ini, diharapkan bisa mengembangkan potensi sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna terutama bagi generasi muda.

Kegiatan Persami ini untuk meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan serta bela negara generasi muda sehingga mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodim 1609/Buleleng bertujuan untuk membentuk kader generasi muda sebagai pemimpin bangsa yang berkarakter”, tandasnya

Sementara itu Pasiter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf  I Made Suparsana menambahkan, selama pelaksanaan  Persami tersebut, para peserta akan menerima pembekalan dari para pembina dan pembimbing.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan pembekalan dan penilaian perkemahan, kemudian dilanjutkan materi Krida PBB, Krida Navigasi Darat (ilmu medan membaca peta dan kompas), wawasan kebangsaan, kompas malam dan api unggun. Berikutnya di hari kedua materi Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Suasana penuh kegembiraan tampak dari wajah para peserta Persami Saka Wira Kartika, yang sangat antusias dan semangat menerima materi pengetahuan dan keterampilan yang dipandu oleh Tim Pembimbing dari masing masing Koramil jajaran Kodim 1609/Buleleng. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

search

Valuta asing